Friday, December 26, 2014

Ikan Malam Bercahaya, Menakjubkan

Peruvin Blue Tetra (Boehlkea fredcochui) dan Golden Tetra (Hemigramus armstrongi) dapat mengeluarkan cahaya dalam gelap. Hingga warna Golden Tetra yang kuning keemasan dan Peruvian Blue yang kebiruan akan tampak indah pada malam hari.

Si Biru dan Si Emas


Di Jakarta Peruvian Blue Tetra dijuluki Blue King Tetra (Boehlkeia fredcochui) karena warna birunya yang menawan itu. Bentuknya memang seperti ikan tetra lainya, pipih. Panjangnya paling besar cuma 5 cm. Nama Peruvian diambil dari daerah asalnya, Peru. Habitat aslinya memang hulu sungai Amazon yang mengalir dari Peru ke Brazil.


Peruvian Blue Tetra
Golden Tetra yang berasal dari Amerika Selatan, Guyana dan ditemukan oleh Schultz dan Axelrod, 1955 - dihiasi garis hitam horisontal yang membelah dua badannya, mulai dari ekor mengecil sampai sirip dada. Warna badannya kuning emas, hingga dijuluki Golden Tetra. Seperti juga si Biru, ia hanya bisa mencapi ukuran terbesar 5 cm.

Masih Kerabat Piranha


Kedua jenis tetra ini masih berkerabat dengan piranha (Serrasalmo), dalam satu famili Characideae. Blue dan Golden tetra juga mempunyai gigi-gigi sisir yang tajam di rahang atas dan rahang bawahnya. Sifatnya pun agak "buas".

Golden Tetra
Mereka suka memangsa serangga bersayap kecil yang terbang dekat permukaan air. Sebab itu, baiknya menurunkan permukaan air akuariumnya kurang lebih 15 cm dari bibir akuarium, agar ikannya tidak jatuh kelantai kalau menyergap serangga udara. Memang menyenangkan melihat kedua jenis ikan ini menyambar lalat yang dilemparkan ke permukaan air. Tetapi ia tidak harus selalu diberi makan serangga, cacing sutera atau kutu air pun ia suka.

Warnanya Cerah Bila Gelap


Warnanya biru dan emasnya akan nampak berbahaya dalam gelap. Hal ini disebabkan oleh adanya pori-pori pada sisiknya yang akan terbuka bila suasana gelap, sehingga akan berpendar. Hal ini bisa dimaklumi karena keduanya termasuk ikan malam.
Warna ikan ini akan tampak cerah jika dalam tempat hidupnya terdapat banyak tumbuhan. Karena itu, upayakan agar akuariumnya banyak ditumbuhi tanaman air sehingga kelihatan alami. Dibiarkannya pula ikan-ikan itu bertelur sampai telur-telurnya menetas.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus