Wednesday, May 14, 2014

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya

Macam - macam sayuran dan manfaat kandungan gizinya yang belum kita ketahui. Cukup banyak cara menuju sehat. Selain harus berolah raga, kesehatan juga bisa didapat dari perasaan rileks, dan pola makan yang benar. Di antaranya dengan banyak mengkonsumsi berbagai jenis sayuran. Baik dengan cara dimakan mentah, dijus atau dibuat sup.

Macam - macam sayuran sangat banyak, tidak hanya berupa daun saja melainkan berupa polong, umbi, buah, juga batang. Masing - masing memiliki kandungan zat gizi dan khasiat yang berbeda. Sayuran tersebut ada yang bisa dimakan segar, diolah terlebih dulu, atau diracik dengan jenis sayuran lain maupun buah-buahan. Syaratnya, zat gizi yang dikandungnya tidak rusak yang akhirnya akan berubah fungsi.

Asparagus

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-

Asparagus (Asparagus officinalis) satu keluarga dengan bawang putih, yaitu Liliaceae. Bagian yang dimanfaatkan adalah rebungnya. Kandungan zat aspergine yang terdapat pada rebungnya ternyata sangat berguna untuk memperbaiki pencernaan dan melancarkan air seni.

Asparagus yang dimasak atau jus dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pengeluaran faeces, dan sangat baik membantu menghilangkan timbunan asam urat pada penderita ginjal - asparagus berperan sebagai stimulan. Namun bila dikonsumsi terlalu banyak iritasi ginjal akan terjadi. Fungsi lain dalam tubuh adalah digunakan sebagai pencuci muka.

Bawang Putih

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-

Jenis sayuran yang digunakan sebagai bumbu ini mempunyai nama ilmiah Allium sativum dari keluarga Liliaceae. Baunya yang tak sedap namun penambah rasa dalam masakan ini tergolong jenis sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Pengaruh bawang putih terhadap terapi untuk kesehatan adalah bawang putih mengandung mineral yang tinggi seperti selenium dan germanium, glucosinolate, serta enzim. Kandungan yodiumnya yang tinggi, jika diracik dengan seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dan pencegah gondok. Sulfur yang terdapat pada umbi bawang putih mengandung substansi alicin (diallyl sulfide) - penyebab bau tak sedap - dan allyl propyl disulfide.

Kedua substansi sulfur berguna sebagai zat anti infeksi dan antibakteri. Untuk memperoleh khasiat disulfida yang utuh seperti pada umbinya, maka cara memakannya ialah bawang tersebut diiris tipis dicampur dengan masakan, namun bawang tetap dalam keadaan segar. Namun bila tahan terhadap baunya akan lebih baik dimakan mentah.

Brokoli

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-
Brokoli (Brassica oleracea var, botrytis) dikenal sebagai sayuran sub-tropis yang termasuk anggota keluarga kubis-kubisan (Cruciferae). Yang dikonsumsi adalah bunga (curd) yang berwarna hijau gelap atau hijau kebiru-biruan, disebut, sprouting broccoli.

Ternyata keluarga Cruciferae ini mempunyai peran sangat penting dalam terapi untuk kesehatan. Brokoli bersama anggota lainnya seperti kubis, bunga kol, dan lobak dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar, dan kanker pencernaan.

Bunganya yang hijau pekat ini mempunyai bau yang khas, disebabkan adanya senyawa indol. Sebuah teori mengatakan, di dalam tubuh senyawa ini dapat meningkatkan ekskresi estrogen, senyawa yang dapat merangsang pembiakan sel kanker yang bersarang dalam rahim dan payudara.

Itulah sebabnya akhir-akhir ini sangat dianjurkan pada wanita agar lebih banyak mengkonsumsi brokoli, pasalnya penyakit ini cenderung lebih banyak menyerang kaum hawa. Sayuran yang biasa dihidangkan sebagai brokoli setup ini, sebaiknya dimasak tidak terlalu matang, karena zat-zat yang terkandung di dalamnya akan rusak dan tidak berfungsi lagi.

Paprika

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-
Cabai yang berbentuk lonceng ini berasal dari daerah tropis Amerika, dikenal dengan nama paprika (Capsicum annuum var. grossum) masih satu keluarga dengan kentang Solanaceae. Genus Capsicum ini terkenal mengandung zat casaicine (C₁₈H₂₇ON) yang memberi rasa pedas, pada paprika dikenal dengan zat capsanthin (C₄₀H₅₈O₃) yang memberi rasa manis pada kulitnya yang tebal.

Karena mengandung Provitamin A yang didalam tubuh dikonversi menjadi Vitamin A, tubuh lebih tahan terhadap udara dingin dan infeksi hidung, infeksi tenggorokan, dan sinusitis. Dan ternyata paprika ini juga mengandung Vitamin C yang sebanding dengan kandungan Vitamin C pada jeruk.


Menurut Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc dalam bukunya Buah dan Sayur Untuk Terapi, paprika beberapa saat setelah dimakan dapat menurunkan tingkat gula dalam darah. Penyebabnya adalah indeks glicemia pada paprika yang rendah. Dengan demikian, paprika dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Bagi yang ingin menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit dan gigi, paprika juga bisa dimanfaatkan, karena mengandung silikon yang tinggi.

Seledri

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-
Seledri (Apium graveolens) termasuk famili Umbeliflorae. Seledri di dapur rumah tangga digunakan sebagai pelengkap berbagai masakan, sebab selain bentuk daunnya yang cantik juga baunya pemberi harum pada masakan -baik batang maupun daunnya.

Sayuran yang dikenal rendah kalori dan sarat serat kasar ini juga merupakan sumber Vitamin A, B, dan C, terutama pada batangnya. Kandungan mineralnya pun cukup banyak. Fungsi lainnya ialah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri ini pun sering digunakan sebagai obat kesehatan rambut.

Tomat

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-
Tomat (Lycopersicum esculentum) satu famili dengan kentang Solanaceae. Bila tanaman kentang yang diambil adalah umbinya, tanaman tomat ini lebih dikenal sebagai sayuran yang berupa buah. Sayuran yang sering dibuat jus ini bila dimakan mentah cukup menyegarkan dengan rasa masam-manis.

Di dalam buah tomat banyak terkandung zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya dapat membantu pengobatan, kandungan besar asam sitrat akan bereaksi dalam aliran darah menjadi basa.

Bersama dengan sayuran hijau lainnya yaitu bayam serta bawang putih, tomat ini dapat dibuat jus yang berguna sebagai tonikum. Tomat yang dikenal mengandung karoten jenis lycopene ini bersama-sama wortel mempunyai fungsi sebagai pencegah kanker.

Wortel

Macam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya-
Sayuran yang mempunyai nama latin Daucus carota ini terkenal sebagai sumber Vitamin A karena mengandung Provitamin A. Bagian yang dimakan itu sebenarnya adalah akar tunggang yang berubah bentuk dan fungsinya menjadi umbi. Anggota famili Umbelliferae ini sosok tanamannya berupa terna dan menyimpan cadangan makanannya di dalam umbi.

Pertanian dan peternakankuMacam macam Sayuran dan Manfaat Kandungan Gizinya

Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Beta-karoten yang merupakan senyawa Provitamin A mampu mencegah reaktivitas bensopiren penyebab kanker paru-paru. Karena kandungan beta-karoten, wortel merupakan salah satu bahan sup yang digunakan sebagai sup anti kanker dengan campuran bahan seperti lobak, jamur shi kering, dan gobo.


Seperti sayuran lain, bila ingin mendapatkan khasiat dari wortel sebaiknya mengkonsumsinya dalam keadaan setengah masak. Kandungan gizi lain yang terdapat dalam wortel adalah Vitamin B, Vitamin B, dan Vitamin C, selain itu juga kaya akan protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, serat, serta niasin. Lihat juga Sayuran Mencegah Kanker atau Budidaya Tanaman Kopi


Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus