Wednesday, April 30, 2014

Macam macam Kucing Exotic

pertaniandanpeternakanku.blogspot.com

Berikut ini adalah macam - macam jenis kucing exotic yang akan menambah pengetahuan anda tentang kucing hias, dan mungkin membuat anda ingin membelinya.

Kucing Cymric


Nama latin : Felis lybica domestica

Nama lain : -

Ras ini merupakan keturunan kucing manx, tapi berbulu panjang. Ia muncul dari peranakan manx normal di Kanada tahun 1960-an dan di breeding, akhirnya jadilah cymric. Kombinasi warna apa pun memenuhi syarat, asalkan menyerupai manx. Panjang bulunya dari medium sampai panjang. Ia memiliki bulu lapisan dalam, tapi agak berbeda dengan persia. Ujung bulunya mengkilap dan lembut. Karakter kucing ini tidak berbeda dengan manx.

Kucing Havana Brown


Nama latin : Felis lybica domestica

Nama lain : Chestnut brown

Namanya mengacu pada warna bulu yang cokelat mirip tembakau havana untuk cerutu. Ras ini didapatkan secara kebetulan hasil perkawinan ras bulu pendek berbulu hitam betina dan siam cokelat jantan. Keturunan pertamanya lahir di Inggris pada 1952. Bulunya hanya satu warna hingga kumisnya pun sama warnanya, kecuali pink di tapak kaki. Karakternya lincah, suka bermain, 'cinta rumah', dan bisa jadi teman yang ideal. Agar tetap cantik, bulunya perlu disikat dan dibersihkan dengan kain flanel.

Kucing Kashmir


Nama latin : Felis lybica domestica

Nama lain : Himalayan solid color

Sebenarnya, kashmir merupakan ras himalayan tapi warna bulunya polos. Kalangan yang berkepentingan tidak mau menerima ras ini sebagai himalayan. Apalagi ia telah diseleksi dengan bulu yang kaya akan warna cokelat atau lila. Sementara, ahli Inggris menganggap kashmir sebagai kucing persia. Kendati klasifikasinya belum jelas benar, hobiis mengakui kecantikan kucing berhidung pesek ini.

Kucing Malayan


Nama latin : Felis lybica domestica

Nama lain : -

Malayan resmi dikenal sebagai ras Amerika tahun 1980. Ia merupakan saudara kembar kucing burmese. Bedanya hanya pada warna saja. Warna bulu yang memenuhi syarat ialah beige (antara abu-abu dan cokelat), biru dan platinum. Bulunya lembut, pendek, dan teksturnya seperti kain satin. Kepribadiannya 'hangat', keras kemauan dan suka diajak jalan-jalan dan vokalnya lantang.

Kucing Ocicat


Nama latin : Felis lybica domestica

Nama lain : -

Penampilannya mirip kucing kampung berbulu belang. Corak bulunya bertotol-totol warna gelap di atas dasar warna krem. Bulunya pendek dan mengkilap. Ia lahir dari persilangan abyssinian dan chocolate point siamese. Ocicat termasuk kucing yang ramah, menarik perhatian seperti kedua nenek moyangnya, dan suka bermain. Ukuran tubuhnya cenderung besar, berkisar antara 6 - 7,5 kg. 

Kucing Oriental Shorthair


Nama latin : Felis lybica domestica

Nama lain : - 

Kucing yang satu ini mirip benar dengan siam, karena ia merupakan 'versi' polosnya. Ia 'diciptakan' dari breeding ras siamese sejak beberapa abad lalu. Di Amerika Serikat, kelahirannya ditandai pada tahun 1970, sedang para breeder Inggris telah sukses membiakkan 10 tahun sebelumnya. Warna bulunya yang pendek dan mengkilap itu dibedakan menjadi 5 kelompok, yakni polos, shaded (berbayang), smoke, tabby (belang), dan parti-color.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat