Saturday, February 22, 2014

Penyerbukan Buatan Pada Buah Sirsak

Penyerbukan buatan pada sirsak mampu meningkatkan persentase pembentukan buah dari 5% menjadi 30%. Bobot buah lebih berat, bentuknya pun lebih bagus.

Jarang sekali hobiis dan penangkar buah di Indonesia melakukan penyerbukan buatan pada buah sirsak. Pembuahan "diserahkan" pada alam dengan bantuan serangga penyerbukan. Penelitian menunjukkan bahwa penyerbukan buatan pada buah sirsak (Annona muricata) menghasilkan buah berbobot 1,5 kg- 3kg, lebih berat daripada buah hasil penyerbukan alami yang hanya berbobot 0,5 kg-2 kg. Bentuk buah menjadi lebih membujur dan simetris, tidak melengkung.

Penyerbukan Buatan Pada Buah Sirsak
Penyerbukan Alami


Kelemahan lain penyerbukan alami ialah persentase keberhasilan bunga menjadi buah hanya 5%. Hal ini terjadi dikarenakan bunga jantan tidak bersamaan matangnya dengan bunga betina. Bunga betina matang berlebih dahulu dan mengeluarkan cairan bergetah. Begitu bunga jantan matang, cairan tersebut sudah kering sehingga benang sari dari bunga jantan tidak melekat. Akibatnya proses penyerbukan gagal.

Karena itu, sebenarnya peranan serangga penyerbukan sangat diperlukan untuk pembentukan buah sirsak. Sayangnya, warna bunga sirsak tidak menarik bagi serangga penyerbukan dan tidak mengeluarkan manisan. Akibatnya, jumlah buah yang terbentuk pun hanya sedikit.



Penyerbukan Buatan

Karena itulah, penyerbukan buatan mutlak dilakukan untuk meningkatkan produksi dan memperbaiki mutu buah. Proses penyerbukan buatan diawali dengan pengambilan benang sari dari bunga jantan yang sudah mekar penuh. Bunga jantan tersebut digoyang sedikit supaya benang sarinya jatuh ke wadah plastik yang sudah disiapkan di bawah bunga. Pengambilan benang sari dilakukan pagi hari.

Benang sari yang masih segar berwarna kuning. Jika warnanya sudah cokelat, berarti ia tidak bisa dipakai untuk menyerbuki bunga betina.

Lihat juga : - Budidaya Horenzo alias Bayam Jepang
                    - Potensi Helikonia
                    - Mawar Baru, Tanah Baru
                    - Buah Apel Malang

Benang sari yang menempel di wadah itu, sebagaimana tertulis dalam Teknologi Buah-buahan terbitan MARDI, ditempelkan ke bunga betina yang juga sudah mekar dengan bantuan kuas. Penyapuan dengan kuas dilakukan dua kali untuk menjamin kesuksesan penyerbukan. Empat bulan setelah penyerbukan, buah siap dipanen.

Bentuk buah sirsak biasanya membujur, berwarna hijau tua. Panjangnya 15 - 35 cm, lebar 10 - 15 cm. Kulit buah berduri pendek. Daging buah berwarna putih dan berbiji sekitar 30 -100 per buah. Rasanya masam-manis.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat bagi anda dan mungkin juga orang  lain, silakan di share dan jangan lupa sertakan alamat website kami.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.
Sumber : Majalah Trubus