Friday, February 28, 2014

Enam Anjing Yang Membuat Anda Tercengang

Anjing yang beragam bentuk itu sebenarnya berasal dari nenek moyang yang sama, yakni serigala. Anjing pertama yang dipelihara orang bentuknya memang mirip serigala. Kemudian anjing tertua itu berevolusi sesuai sejarah manusia. Lahirlah, antara lain, american cocker spaniel, azawakh, bedlington terrier, irish water spaniel, komondor, dan standard poodle yang bentuknya aneh-aneh. Berikut sekilas tentang keenam anjing tersebut, disarikan dari buku The Atlas of Dog Breeds of the World dan The World Encyclopedia of Dogs.

pertaniandanpeternakanku.blogspot.com


American Cocker Spaniel

Asal            : Amerika Serikat
Berat          : 24-28 pounds
Panjang     : Jantan maksimum 35 cm
Warna        : Cokelat, hitam, merah, krem, kekuningan, campuran
Klasifikasi : Gundog

Cocker spaniel berasal dari Inggris. Ia pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada 1930. Dalam waktu sepuluh tahun, bentuk badannya berubah drastis sehingga sama sekali tidak mirip dengan saudaranya di Inggris. Ukuran american cocker spaniel lebih kecil daripada english cocker spaniel, tapi bulunya lebih panjang.

Trah ini pertama kali didaftar di American Kennel Club pada 1946. Lomba american cocker spaniel pertama berlangsung tahun 1960, dan sejak saat itulah ia menjadi terkenal. Meskipun diklasifikasikan sebagai anjing penjaga, tapi saat ini american cocker spaniel lebih banyak berfungsi sebagai hewan kesayangan dan untuk show.


Azawakh

Asal            : Maroko
Berat          : 37-55 pounds
Panjang     : 60-70 cm
Klasifikasi : Hound

Inilah tipe anjing khas padang pasir. Badannya hampir tidak berbulu, untuk menyesuaikan diri dengan cuaca panas. Azawakh alias tuareg sloughi pertama kali dipelihara oleh suku Tuareg yang mengembara di sebelah selatan Gurun Sahara.

Fungsinya sebagai anjing pemburu dan penjaga. Pada acara berburu, azawakh mulanya dibawa diatas punggung kuda, duduk di depan pemiliknya. Begitu sampai lokasi perburuan, ia dilepas untuk mengejar buruan. Kejar-mengejar itu bisa memakan waktu 5-6 jam. Setelah melumpuhkan mangsanya, ia akan duduk sambil menunggu tuannya.

Lantaran daya tahannya luar biasa anjing yang juga disebut el har ini sering dibandingkan dengan greyhound, jenis anjing yang terkenal mampu berlari cepat. Bahkan pada 1960, saat beberapa negara Eropa dan Amerika memelopori lomba greyhound, azawakh diikutsertakan.

Bedlington Terrier

Asal            : Inggris
Berat          : 10 kg
Panjang     : 40 cm
Klasifikasi : Terrier

Bedlington terrier adalah salah satu trah anjing yang paling terkenal di Inggris. Ia diduga berasal dari persilangan antara terrier berbulu kaku dengan anjing yang berasal dari kelompok hound. Barangkali sifat anjing kelompok hound inilah yang menyebabkan bedlington terrier mempunyai sifat pantang menyerah. Kalau diadu dengan sesamanya, ia akan bertarung sampai mati.

Anjing yang menyandang nama kota kelahirannya ini, Bedlington, dekat Newcastle, di Austria dipakai sebagai anjing penjaga. Padahal di Inggris, perannya lebih banyak untuk memburu tikus dan kelinci. Bisa dibilang, kemampuannya berburu tikus itulah yang menyebabkan masyarakat di kota industri Bedlington menyeleksi aneka trah anjing sehingga melahirkan bedlington terrier.

Irish Water Spaniel

Asal            : Irlandia
Berat          : Jantan 25-30 kg, Betina 21-26 kg
Panjang     : 51-58 cm
Klasifikasi : Gundog

Sesuai dengan namanya, kemampuan irish water spaniel berenang di air berarus kuat sangat menakjubkan. Dengan mudah ia bisa menangkap angsa yang menjadi buruannya. Bulu tebalnya melindungi dirinya dari air dingin. Bulu itu memang harus dirawat, tapi tidak perlu dipangkas seperti bulu poodle.

Irish water spaniel  adalah salah satu anjing pertama yang memenangkan kontes kepatuhan di Amerika Serikat. Ini menandakan bahwa ia mudah dilatih, mempunyai inisiatif, dan berani. Sayang jumlahnya hanya sedikit. Ini mungkin karena penemunya dulu tidak pernah mau membeberkan induk yang menjadi asal-usul irish water spaniel. Orang Irlandia itu membawa rahasianya sampai ke lubang kubur.

Lihat juga : - Tujuh Kerang Raksasa di Indonesia
                     - "Jurassic" Green Iguana dari Amerika Selatan
                     - Khasiat Trengguli
                     - Anggrek Aneh dari Irian

Komondor

Asal            : Hongaria
Berat          : 40-60 kg
Panjang     : Jantan 65-80 cm, betina 55-70 cm
Klasifikasi : Working

Komondor merupakan turunan langsung dari owtcharki, sejenis workingdog yang berasal dari Polandia, dan dibawa ke Hongaria oleh suku nomaden sekitar 1000 tahun lalu. Tidak jelas mengapa trah ini disebut komondor. Nama itu diperkirakan berasal dari kata komondor kedvu yang artinya muram, merengut, atau marah.

Karena sifatnya yang patuh dan berani, di Hongaria ia dipakai sebagai anjing penjaga dan anjing polisi. Secara rutin mereka pun dipamerkan di kontes-kontes anjing. Kelebihannya, yakni bulunya yang menutupi seluruh badan, sekaligus menjadi kekurangannya. Sebab, merawat anjing berbulu panjang seperti itu jelas tidak mudah.


Standard Poodle

Asal            : Perancis
Berat          : 45-70 pound
Panjang     : 38 cm
Klasifikasi : Utility

Penciptaan jenis-jenis poodle, seperti miniature poodle, standard poodle, dan toy poodle dimulai di Jerman. Tapi bentuk poodle yang sekarang ini justru berkembang di Perancis. Bentuknya yang unik dan intelegensia yang tinggi membuat poodle dikenal sebagai anjing yang penuh muslihat dan banyak dipakai di sirkus-sirkus.

Standard poodle mungkin tipe poodle tertua. Dibandingkan miniature dan toy poodle, jumlah standard poodle paling sedikit. Ini terjadi karena ukuran tubuh dan bulunya membutuhkan perawatan yang lama. Keunikan bulunya itu tidak mengurangi kemampuannya sebagai perenang dan pendaki yang baik. Sejak dahulu sampai sekarang standard poodle terkenal sebagai anjing kesayangan yang sering dilombakan.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus