Monday, March 10, 2014

Anggrek Aneh dari Irian

Aneh. Barangkali itulah kesan pertama yang muncul bila menemukan anggrek ini. Sepal dorsal bunganya lebih lebar daripada sepal lateral, melengkung ke depan mirip kerudung rambut, sedangkan sepal lateral seolah terpelintir.

pertaniandanpeternakanku.blogspot.co.id

Bulbophyllum grandiflorum
Anggrek epifit ini spesies asli Irian Jaya, dikoleksi oleh Joesoef Adipatah di Nabire, Irian Jaya. Joesoef mendapatkannya dari belantara Irian Jaya beberapa tahun lalu.

Di habitat aslinya, tanaman ini banyak tumbuh menempel di pohon-pohon di seluruh pulau Irian, termasuk Papua Nugini - dari dataran rendah sampai ketinggian 500 dpl. Nama ilmiahnya Bulbophyllum grandiflorum.


Lihat juga : - Mawar Baru, Tanah Baru
                      - Macam - Macam Tanaman Hias Polemoniaceae yang Menawan
                      - Potensi Helikonia
                      - Si Topi Merah, Ikan Maskoki Oranda

Petal sangat kecil

Anggrek spesies ini memiliki umbi semu yang muncul dari rimpang bercabang. Setiap umbi semu berdaun tunggal. Daun tegak, tebal, berwarna hijau zaitun, berbentuk lonjong, panjang 15 cm, lebar mencapai 5 cm, berujung membulat.



Bunganya tunggal, berukuran besar, setiap umbi satu daun satu kuntum bunga. Bentuk bunga aneh, melengkung ke depan mirip kerudung rambut. Sepal lateralnya seolah terpelintir. Petal dan bibir bunga sangat kecil, bahkan hampir tersembunyi karena tidak tampak jelas. Warna bunga cokelat berbintik-bintik cokelat muda. Pada satu tanaman beberapa bunga sering mekar bersamaan. Menurut Joesoef bunga yang mekar bisa tahan sampai satu bulan atau lebih.

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.
Sumber : Majalah Trubus