Sunday, January 11, 2015

Cara Memperbaiki Mutu Buah Belimbing Demak

Memperbaiki Mutu Buah Belimbing Demak

Pertanian dan Peternakanku


Dari berbagai cara perbanyakan vegetatif, yang paling mudah dilakukan pada belimbing Demak, ialah dengan cara penyambungan (mengenten atau grafting). Hasilnya pun memuaskan. Menurut pengalaman, hasil enten belimbing Demak, bisa mencapai 90 %. Tapi tentu saja, untuk melakukan ini, perlu persiapan dulu, yaitu :

1. Batang bawah (dulu dikenal sebagai Onderstan) hasil persilangan biji. Dan untuk memperoleh biji yang baik, pilihlah buah belimbing yang cukup besar, berasal dari pohon induk yang baik. Biji buah belimbing tersebut (diusahakan jangan sampai rusak), sebelum disemaikan, perlu dicuci bersih-bersi dari lendir yang menempel di situ, lalu diangin-anginkan.



Tempat untuk persemaiannya, cukup memakai besek berukuran kira-kira : 2 x 2 x 7,5 cm, yang diisi dengan pasir halus, tanah, dan pupuk kandang (perbandingan 1 : 1 : 1). Biji buah belimbing disebar rata (kira-kira 100 biji per besek), kemudian besek digantung dengan tali di tempat yang teduh (gambar 1).

Lalu kenapa memakai besek, tak lain karena biayanya murah, dan lagi pula dengan besek mudah memeliharanya, mudah mengawasinya, dan bisa dihindarkan dari gangguan ayam, anak kecil dan lain-lain. Setelah bibit buah belimbing berumur sekitar satu setengah bulan, bibit dipindahkan ke polibag atau tempat penyapihan.

Polibag ini, seperti yang digunakan, berukuran : 15 x 25 cm. Maksud pemindahan, supaya kalau nanti bibit buah belimbing sudah tumbuh besar dan siap ditanam di kebun, akarnya bisa dijaga dari kerusakan. Dan juga, nantinya kita tidak kesulitan memindahkannya ke kebun. Setelah bibit berusia 6-8 bulan (masih di polibag), kegiatan penyambungan bisa disiapkan.
2. Batang atas (dulu dikenal sebagai entres), berasal dari pohon induk belimbing yang baik. Artinya, mempunyai sifat asli yang baik untuk diturunkan. Sifat asli yang baik ini, antara lain : produksinya tinggi, mutu buah baik, besar dan aromanya khas, warnanya menarik : daging buahnya lunak ; kadar airnya tinggi, dan tentu saja rasa buahnya enak.

Pohon itu, juga bebas hama  penyakit, sedang usia pohon harus cukup tua. Entres tersebut, diambil dari cabang yang sebaiknya tumbuh ke atas. Cabang yang kesamping bisa saja dijadikan entres, namun hasilnya kurang memuaskan.

Urutan Pembuatan Sambungan Pohon Belimbing


Mula-mula disiapkan tanaman calon batang bawah yang sudah berumur 6-8 bulan. Batangnya dipotong 10-15 cm dari permukaan tanah, kemudian dibelah sepanang 3-5 cm. Kemudian dibuat entres sepanjang 7,5-10 cm (dan bermata 3-5 buah), dari cabang pohon belimbing induk. Ujungnya, diiris pipih sepanjang belahan pada batang bawah.

Entres yang sudah pipih selanjutnya diselipkan ke dalam belahan batang bawah (keduanya disambung). Seterusnya sambungan itu diikat dengan tali plastik (rafia) sepanjang 25 cm, lebar tali 3 mm. Kalau ini sudah selesai, disiapkan pula plastik es mambo, untuk dikerudungkan sampai di bawah sambungan.

Pertanian dan Peternakanku - Memperbaiki Mutu Buah Belimbing

Lima belas sampai dua puluh hari kemudian, biasanya tunas baru sudah keluar. Kalau betul, tutup plastik bisa dibuka. Tunas yang tumbuh pada batang bawah (di bawah sambungan) di buang, dan 15 hari kemudian ikatan boleh dibuka. Pekerjaan selanjutnya, tinggallah merawat baik-baik bibit buah belimbing itu, supaya tetap sehat dan subur.

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus