Monday, January 12, 2015

Undang Kupu - Kupu dengan Buddleia

Pertanian dan Peternakanku


Kupu-kupu yang lucu/ Kemana engkau terbang/ Hilir mudik mencari/ Bunga - bunga yang mekar/ Tidakkah sayapmu merasa lelah.

Syair lagu di atas pasti dikenal masyarakat Indonesia dari balita hingga orang dewasa. Lagu ini amat pantas dilantunkan manakala di taman, dihadirkan buddleia (baca: badleya). Tanaman semak itu amat digemari kupu-kupu. Sehingga, setiap ada pohon badleya, pasti di situ ada kupu-kupu. Wajarlah bila ia bernama butterfly bush, 'semak kupu-kupu'.

Namun karena bunganya yang merah ungu mekar pada musim panas, di daerah subtropis ia digelari summer lilacPohon badleya tidak hanya disukai kupu-kupu. Bagi pemilik taman kehadiran tanaman ini cukup menarik. Bunganya indah, tersusun oleh ratusan bunga-bunga mungil, 0,5 cm. Susunannya membentuk piramida sepanjang 5 cm - 20 cm. Bunga akan mekar dari bawah ke atas. Bunga-bunga itu tumbuh menjuntai.






Tatkala kupu-kupu menghinggapinya, bunga dan kupu-kupu pun berayun-ayun. Kayunya memang ringkih, tapi tak mudah  patah. Tanaman bersemak ini  tingginya10cm - 150 cm. Meski berasal dari daerah subtropis, ia bisa tumbuh baik di Indonesia. Kehadirannya bisa menjadi pilihan bila ingin menampilkan taman bunga. Bunga muncul terus-menerus, termasuk pada musim hujan, meski lebih sedikit. Ada 5 warna pilihan ; ungu, ungu tua, ungu muda, pink dan putih.

Mudah dirawat

Tanaman ini termasuk bandel pertumbuhannya. Asalkan drainase baik, ia akan rajin menampilkan bunga-bunganya. Badleya, (terutama jenis putih), kurang kuat bila air merendam akarnya. Secara alamiah tanaman semak ini kurang lebat daunnya. Untuk itu harus sering dipangkas. Caranya gampang, himpun percabangannya ke atas, lantas pangkas sekaligus. Cabang itu dipangkas saat masih muda. Ini akan membuat cabang lebih lebat. Agar senantiasa tampil segar, bunga yang kering dibuang.

Pertanian dan peternakanku Undang Kupu - Kupu dengan Buddleia

Idealnya tanaman ini ditanam secara grouping. Sehingga, sosoknya jadi tampak lebat. Lantas di bawahnya ditanam ground cover sehingga timbul kombinasi menarik. Karena tumbuhnya bersemak dan agak lembut, dibawahnya dihadirkan tanaman kucai, yang bersifat 'tegas'. Hindari pemakaian tanaman yang lebih tinggi dari 30 cm agar tidak bersaing dengan badleya.

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus