Tuesday, January 20, 2015

Budidaya Buah Anggur Hijau

Tanya Jawab Dengan Pakar

Budidaya Buah Anggur Hijau - Pertanian dan Peternakanku


Yessi Oktarina, Bengkulu

Saya tertarik membudidayakan buah anggur, khususnya yang berwarna hijau. Pertanyaan saya :

1. Bagian tanaman apakah yang dijadikan bibit, biji atau setek?

2. Apakah tempat, suhu dan ketinggian tempat mempengaruhi hidup buah anggur? Berapakah suhu yang diinginkannya?

3. Apakah hama dan penyakit yang umumnya menyerang buah anggur?


Hendro Soenarjono :

1. Bibit buah anggur dapat diperoleh dari biji dan setek cabang. Namun, bibit dari biji tumbuhnya lama, baru dapat menghasilkan setelah berumur 3 - 4 tahun. Bibit dari setek cabang tumbuhnya lebh cepat. Bibit setek cabang menghasilkan buah umur kurang lebih 2 tahun setelah tanam. Hal  ini tergantung pada ketinggian tempat dan teknik pemeliharaan.

2. Buah anggur sangat dipengaruhi oleh ketinggian tempat dan jenis tanah. Buah anggur lebih senang ditanam di dataran rendah antara 100 - 300 m dpl dengan tipe iklim kering. Batas musim keringnya jelas antara 4 -7 bulan. Tanah berpasir dan suhu lebih disenangi. Pada dataran tinggi 700 - 1200 m dpl, yang suhunya kurang dari 25 derajat celcius, tanaman malas berbuah apalagi kalau banyak hujan.

Di dataran tinggi pohon anggur mudah terserang penyakit embun bulu/downy mildew (Plasmopara viticola) dan penyakit embun tepung/powdery mildew (Uncinula necator/Oidium sp.). Jenis buah anggur yang dapat dikembangkan di dataran tinggi misalnya Isabella.
3. Hama - hama penting yang biasa menyerang buah anggur indonesia ialah :

a. Tungau merah, Tetranychus sp. menyerang permukaan daun sebelah bawah.

b. Thrips atau hama gurem, menyerang permukaan daun sebelah bawah hingga daun keriput. Tungau merah dan thrips hanya makan lapisan daun hingga daun keriput dan mengering/kuning. Atasi dengan semprotan insektisida, seperti Kelthane 0,2% atau Dursban 0,2%.

Penyakit yang sering menyerang adalah :

a. Penyakit karat Phakospora vitis. Cendawan ini menyebabkan daun anggur menjadi kering berwarna kemerahan. Tanaman yang terserang penyakit karat tidak mampu berbuah.

b. Penyakit embun Plasmopora viticola menyebabkan daun anggur berbintik - bintik kuning. Penyakit embun upas ini dapat merusak bunga dan buahnya.

c. Penyakit tepung Uncinula necator menyebabkan daun muda dan buah anggur yang masih kecil tertutup tepung putih (bedakan). Penyakit tepung dapat merusak bunga/buah anggur dan matinya ujung-ujung tanaman.

Apabila belum terlambat, atasi dengan semprotan fungisida seperti Benlate 0,2%. Khusus penyakit tepung dapat diatasi dengan hembusan tepung belerang.
Lihat juga : Manfaat Sari Buah Nanas

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus