Friday, January 23, 2015

Mengatasi Durian Kurus

Tanya Jawab dengan Pakar

Uhan, Yogyakarta

Saya memiliki tanah seluas 2 Ha (dibagi menjadi 4 blok) yang ditanami durian. Tiga blok tumbuh normal, 1 blok tanamannya kurus, daun menguning dan kemudian gugur. Jenis tanah grumosol dengan ketinggian tempat 400m dpl dan pH tanah 4,5. Yang ingin saya tanyakan adalah :

1. Apa penyebab terjadinya hal tersebut dan bagaimana cara menanggulanginya?

2. Pada kondisi bagaimana durian tumbuh dengan baik?


Moh. Reza

Agak sulit mendiagnosis permasalahan Anda dengan data terbatas. Pada prinsipnya carilah perbedaan keadaan lingungan yang menyebabkan salah satu petak durian tersebut berbeda  daripada ketiga petak lain. Misalnya, mungkin petak yang buruk pertumbuhan tanamannya  terletak pada posisi lebih rendah. Ada kemungkinan durian terendam/tergenang air lebih lama sehingga daun menguning. Penanggulangannya dengan drainase yang lebih baik.

Bila petak tersebut letaknya lebih tinggi dibanding ketiga petak lain, mungkin unsur-unsur hara (misalnya N) banyak yang tercuci sehingga pertumbuhan durian merata. Solusinya membuat terasering agar unsur hara tidak tercuci ke petak yang lebih rendah. Bisa juga perbedaan petak tersebut menyangkut masalah distribusi sinar matahari (ternaungi), hama penyakit, atau struktur tanah yang berbeda.

Hal-hal teknis seperti jenis bibit, pemupukan atau cara pemeliharaan berbeda dapat saja mengakibatkan pertumbuhan yang berbeda. Jadi, analisis perbedaan-perbedaan itu untuk mencari jalan keluarnya.

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus