Wednesday, January 7, 2015

Merangsang Ikan Hias Maskoki Agar Bertelur

Ikan Maskoki anda enggan bertelur? Padahal akuarium dan ikannya sudah baik dan benar?
M. Sueh Ismail mempunyai cara sederhana tapi cespleng untuk memaksa ikan hias maskoki yang malas segera bertelur.

"Caranya memang sederhana, dan selalu berhasil saya lakukan," begitu kata peternak ikan hias maskoki dari Ciganjur, Jakarta Selatan ini. Ia memasukkan induk maskokinya ke dalam kantung plastik berukuran 40 x 60 cm yang sudah diisi air bersih seperempat bagiannya. Plastik ini kemudian diikat dengan karet, dan dibiarkan selama 12 jam.

Selama disekap, kondisi maskoki dipantau terus. Jika kelihatan agak teler, airnya diganti dengan yang bersih dan sudah diinapkan semalam. Plastik lalu diikat kembali dengan karet. Dengan kondisi yang sungguh tidak enak ini, induk ikan dikuruskan dan boleh dikatakan disuruh takut mati.

Ikan yang panik menghadapi maut, dirangsang untuk meninggalkan keturunan. Kita lalu boleh berharap besar, bahwa keesokan harinya maskoki mau memijah ketika dilepas kembali ke kolam pemijahan. Suasana baru setelah menjalani sekapan tadi mendorong ikan hias maskoki untuk memijah, dalam rangka meninggalkan keturunan itu.
Berulang kali M. Sueh Ismail membuktikan cara ini. Dan selalu berhasil. Induk ikan hias maskoki jangan diberi makan cacing sutera, karena kandungan lemak cacing itu sangat tinggi. Induk yang kegemukan karena makmur akan malas bertelur. Sebaliknya diberi jentik-jentik nyamuk, sehingga tubuhnya tidak terlalu gemuk dan tidak malas bertelur.
Lihat juga Cara Merawat Hamster atau Budidaya Walet

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Semoga Bermanfaat
Sumber : Majalah Trubus